26 Oktober 2009

KURSI DPR; Jero Wacik Mundur, Suswono Belum

Senin, 26 Oktober 2009 | 03:31 WIB

Hua Hin, Kompas - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Minggu (25/10), mengaku telah mengundurkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat asal Partai Demokrat.

”Sudah (mundur), melalui staf. Suratnya sudah saya kirimkan Rabu pagi lalu ke Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, ke Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, dan kepada Ketua DPR,” ujarnya saat ditemui di sela-sela mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Hua Hin, Thailand.

Menurut Jero, surat pengunduran dirinya sebagai anggota DPR sudah ia tulis saat pengumuman namanya sebagai menteri pada Selasa malam lalu.

”Jadi, setelah diumumkan, Rabu paginya, sebelum saya dilantik, surat itu sudah saya kirimkan. Saya tidak mau jadi menteri, akan tetapi masih diembel-embeli sebagai anggota DPR sehingga saya langsung mengajukan pengunduran diri,” ungkapnya.

Adapun Menteri Pertanian Suswono, yang juga menyertai kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN, mengaku belum mundur sebagai anggota DPR karena belum sempat mengurus.

Namun, ia merencanakan Senin siang ini, sesampainya di Jakarta. ”Jadi, saya bukan ingin menunda-nunda pengunduran diri saya dari DPR. Akan tetapi, karena memang belum sempat dan secara teknis waktu sulit,” katanya.

Suswono mengatakan, sejak namanya diumumkan sebagai Menteri Pertanian, Selasa malam, esoknya ia harus mengikuti pelantikan.

”Lusanya, saya harus menghadiri sidang kabinet dan kemudian esoknya lagi saya langsung ikut ke sini (Thailand). Jadi, Senin saya baru bisa mengurus,” kata Suswono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar