23 November 2009

INFRASTRUKTUR Sifon Kali Malang Dibangun Juni 2010

Senin, 23 November 2009 | 03:30 WIB

Bekasi, Kompas - Gorong- gorong (sifon) untuk memisahkan air dari Saluran Irigasi Tarum Barat/Kali Malang dengan air Kali Bekasi di sekitar Bendung Bekasi, Kota Bekasi, akan dibangun mulai Juni 2010. Pembangunan sifon Saluran Tarum Barat itu didanai pemerintah pusat dan dikerjakan Departemen Pekerjaan Umum.

Sifon dibutuhkan untuk menjaga kualitas air dari Saluran Irigasi Tarum Barat yang menjadi sumber air baku air minum bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), baik di Kota Bekasi maupun DKI Jakarta. Selain itu, pembangunan sifon juga dapat mengurangi banjir di wilayah perkotaan di Kota Bekasi. Hal itu dikatakan Wali Kota Bekasi Mochtar Mohamad, Sabtu (21/11).

”Kami sudah bertemu Menteri Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu. Hasilnya, dalam enam bulan ke depan akan ada kegiatan terkait penanganan banjir di Bekasi. Salah satu kegiatan yang akan dikerjakan adalah pembangunan sifon Kali Malang,” kata Mochtar.

”Pembangunan sifon Kali Malang menggunakan dana APBN dan dana bantuan dari ADB (Bank Pembangunan Asia),” ujar Mochtar.

Saluran Irigasi Tarum Barat membelah Kota Bekasi dari timur ke barat, sementara Kali Bekasi membelah dari selatan ke utara. Kedua aliran sungai itu bersilangan di sekitar Bendung Bekasi, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Dari Bendung Bekasi itu, air Kali Malang yang sudah bercampur dengan air Kali Bekasi dialirkan ke barat menuju wilayah DKI Jakarta.

Selain untuk menjaga kemurnian kualitas air baku air minum dari Jatiluhur, pemisahan Saluran Irigasi Tarum Barat dengan Kali Bekasi juga akan mengurangi ancaman banjir di kawasan perkotaan. (COK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar