26 Oktober 2009

Menneg-PAN dan RB: Kemungkinan Ada Kenaikan Gaji Menteri

Jakarta, Pelita-Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menneg-PAN dan RB) Evert Erenst Mangindaan mengakui sudah ada rancangan mengenai rencana kenaikan gaji menteri.
Rancanganya ada tapi belum bisa ada keputusan. Ada kemungkinannya (kenaikan gaji), kata Menneg-PAN dan RB EE Mangindaan usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Gedung Utama Setneg, Jakarta, Jumat (22/10).
Namun begitu, Mangindaan menyatakan kebijakan menaikan gaji menteri tidak bisa dilakukan dengan tergesa-gesa. Pihaknya pun harus berkoordinasi dulu dengan menteri keuangan dan pihak-pihak terkait lain.
Tidak boleh tergesa-gesa. Jangan sampai kita salah berfikir komprehensif, lebih baik kita sabar saja. lagi pula baru kemarin kita serah terima jabatan, ujarnya.
Menurut dia, masalah kenaikan gaji tersebut juga tidak bisa dilakukan secara parsial. Karena itu perlu ada kajian secara komprehensif sehingga nantinya tidak menimbulkan kontroversi.
Ditanya berapa besar persentase kenaikan gaji tersebut, Mangindaan pun mengaku belum bisa menyebutkan jumlah persentase tersebut.
Saya tidak tahu itu, dan belum berani mengatakan. Paling-paling seperti yang lalu, katanya.
Ditambahkananya, seberapa besar prosentase kenaikan gaji manteri sangat tergantung dengan kondisi keuangan negara. Pihaknya sendiri mengaku belum melihat konsepnya.
Mangindaan justru berpandangan bahwa konsep renumerasi lebih bagus dan pas daripada kenaikan gaji secara merata. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah para menteri telah banyak mendapat fasilitas.
Renumerasi lebih bagus karena kinerjanya kelihatan, saya kira sudahlah menteri sudah banyak fasilitas, tandasnya.(ay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar