27 Oktober 2009

PEREKONOMIAN; Kebijakan Boediono Tidak Akan Dimentahkan

Selasa, 27 Oktober 2009 | 04:25 WIB

Jakarta, Kompas - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan, pihaknya tetap akan mendasarkan kebijakan perekonomian lima tahun ke depan pada paket-paket kebijakan yang sudah disusun pemerintah sebelumnya.

Itu artinya, paket-paket kebijakan ekonomi yang pernah dibuat Boediono tidak akan dimentahkan. ”Kami akan membuat paket-paket kebijakan itu menjadi lebih detail,” ujar Hatta di Jakarta, Senin (26/10).

Fokus pembangunan ekonomi ke depan pada dasarnya akan bermuara pada percepatan arus barang di dalam negeri. ”Jika itu bisa diselesaikan, akan menyelesaikan setiap permasalahan yang lain,” ujarnya.

Paket kebijakan ekonomi pemerintah terakhir tertuang dalam Inpres Nomor 5 Tahun 2008 tentang Fokus Program Ekonomi 2008-2009, yang terdiri dari delapan bidang.

Pertama, kebijakan perbaikan iklim investasi. Kedua, kebijakan ekonomi makro dan keuangan. Ketiga, ketahanan energi. Keempat, kebijakan sumber daya alam, lingkungan, dan pertanian.

Kelima, pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah. Keenam, kebijakan pelaksanaan komitmen masyarakat ekonomi ASEAN. Ketujuh, menyangkut infrastruktur. Kedelapan, kebijakan soal ketenagakerjaan dan ketransmigrasian. (OIN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar